Sunday, November 22, 2015

Cara Membuat Sparkline di Excel 2010/2013

Cara Membuat Sparkline di Excel 2010/2013 - Oke guys, artikel ini adalah artikel yang special, karena ini artikel saya setelah post terakhir yang di publish kan pada September 2012. Benar sekali, blog ini sudah sekian lama tidak ter-update karena retirement saya sebagai Blogger pada tanggal itu. Dan saya sudah merencanakan versi Reborn dari blog ini yang akan saya bahas ada posting selanjutya dengan topik tentang berjalannya blog ANVITY Blog | Internet Learning kembali. Oke langsung saja ke tutorial nya.

- kembali ke laptop -

 Definisi sparkline yang saya dapat dari website Office.com (https://support.office.com/en-US/Article/Use-sparklines-to-show-data-trends-1474e169-008c-4783-926b-5c60e620f5ca), yaitu
New in Microsoft Excel 2010, a sparkline is a tiny chart in a worksheet cell that provides a visual representation of data. Use sparklines to show trends in a series of values, such as seasonal increases or decreases, economic cycles, or to highlight maximum and minimum values. Position a sparkline near its data for greatest impact.

Atau dalam arti singkatnya, yaitu sebuah fitur baru yang keluar dalam versi Excel 2010. Sebuah grafik kecil di lembar kerja yang digunakan untuk memvisualkan dan mempresentasi data tren. Pada Excel 2010 sparkline telah menjadi fitur standar. Dan berikut ini saya akan mencoba menjelaskan cara pembuatannya.

File Latihan

Cara Membuat

  1. Jalankan program Excel 2010/2013 dan buka file contohsparkline.xlsx yang tadi sudah ada download. File ini berisi tetang tren penjualan mobil yang dikategorikan berdasarkan kota.
  2. Jika file terbuka dan pada bagian atas workbook ini muncul suatu panel warna kuning berupa peringatan bahwa file ini tidak bisa diedit karena berasal dari Internet. Klik tombol Enable Editing sehingga kita bisa lanjut.
  3. Select cells pada kolom Tren, atau pada alamat cell H2-H7
  4. Pada menu ribbon, pilih tab Insert, pada group Sparklines klik Line.
  5. Pada dialog Create Sparklines, masukkan data range C4:G9, klik tombol OK.
  6. Di bawah kolom Tren, akan muncul line chart kecil yang muat ke dalam satu cell, inilah yang disebut dengan Sparklines.
  7. Terakhir, saya merekomendasikan untuk mencetang High Point dan Low Point (lihat gambar) untuk membuat efek dot pada sparkline. Opsional, namun semuanya tergantung pada pengguna
  8. Selesai

1 comment: